Selasa, 19 Januari 2010

Miyamoto Musashi


Miyamoto Musashi adalah salah satu ronin terkenal dalam sejarah Jepang sebagai salah satu samurai paling kuat di Jepang. Nama asli "Musashi" adalah "Shinmen Takezo" diperkirakan lahir pada tahun 1584 dan meninggal pada tahun 1645. Di Ichijou, Kyoto ada sebuah batu peringatan Musashi untuk memperingati Miyamoto Musashi sebagai salah satu samurai yang hebat di sejarah Jepang.
Pada usia 13 tahun Musashi mendapatkan pertarungan pertamanya dengan salah satu samurai  terampil yang hebat dalam seni militer dari perguruan Shinto Ryu yang bernama Arihima Kihei. Pertarungan permanya itu dia menangkan dengan cara melempar lawannya ke tanah dan memukulnya dengan tongkat sehingga lawannya mati berlumuran darah. Musashi mulai mengembara untuk mengejar impiannya untuk menjadi pendekar pedang terkuat di Jepang pada umur 16 tahun. Banyak sekali pertarungan yang sudah dia lewati selama bertahun-tahun pengembaraannya, salah satu kemenangan besar yang Musashi dapat adalah ketika  Musashi berhadapan dengan samurai-samurai dari klan Yoshioka di Kyoto. Pertarungan demi pertarungan dia temui disetiap langkahnya.
Ketika di Edo, Musashi berhasil mengalahkan ahli ilmu tongkat terkenal Muso Genosuka. Pertarungan Musashi yang sangat bersejarah adalah ketika memenangkan pertarungan melawan Sasaki Kojiro di Bunzen. Sasaki Kojiro sendiri adalah salah satu rival sejatinya Miyamoto Musashi yang paling terkenal dan merupakan samurai yang sangat disegani oleh murid-muridnya dan masyarakat jepang waktu itu.
Musashi juga pernah mengikuti sebuah perang besar antara pasukan Ieyasu Tokugawa dengan pemerintahan Toyotomi Hideyori (anak Toyotomi Hideyoshi) yang dikenal dengan sebutan "Pertempuran Sekigahara" pada tahun 1600. Dalam pertempuran tersebut Musashi memihak kepada pasukan Toyotomi Hideyori.
Patung pertarungan Sasaki Kojiro VS Miyamoto Musashi



(Shinmen Musashi No Kami Fujiwara No Genshin)
Nama lengkap dari Musashi

Tidak ada komentar: